Input Nomor KIP pada Aplikasi Dapodik 2016


Kartu Indonesia Pintar (KIP) menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu terdaftar sebagai penerima bantuan tunai pendidikan sampai lulus SMA/SMK/MA.

KIP diberikan sebagai penanda dan digunakan untuk menjamin serta memastikan seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) dari keluarga pemegang KKS untuk mendapatkan manfaat Program Indonesia Pintar bila terdaftar di Sekolah, Madrasah, Pondok Pesantren, Kelompok Belajar (Kejar Paket A/B/C) atau Lembaga Pelatihan maupun Kursus. 

Nah teman-teman operator (Ops) mempunyai kewajiban melakukan input nomor KIP ke dalam aplikasi Dapodik. Nomor KIP yang terdiri dari 6 (enam) digit kombinasi angka dan huruf terletak di sebelah kanan bawah gambar/logo toga dan buku pada KIP.

Dari pengalaman saya sebagai Ops ada kesulitan membedakan No.KIP yang terdiri atas kombinasi huruf O dangan angka 0 (Nol), karena sekilas tampak tidak ada perbedaan antara keduanya.  Oleh karena itu saya menggunakan bantuan aplikasi android "QR Barcode Scanner" untuk melakukan scanning pada kode batang yang terdapat pada KIP tersebut.

Berikut ini screenshot hasil scan kode batang pada KIP.



Aplikasi QR Barcode Scanner  bisa temen-temen Ops download di Play Store.

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Input Nomor KIP pada Aplikasi Dapodik 2016. Berlangganan melalui email sekarang juga:

dzulCYBER

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Input Nomor KIP pada Aplikasi Dapodik 2016"

Post a Comment